What’s up guys sekarang Saya mau bahas tentang sesuatu yang menurut Saya cukup unik yaitu tentang radiasi. Agan tau tidak kalau radiasi itu asal mulanya dari mana? dan seperti apa sih radiasi itu? Nah disini saya mau bahas semua itu di blog ini.

 

Apa sih radiasi itu?


Mungkin kalau kita flasback lagi ke pelajaran fisika SMA, radiasi yang dibahas disana cukup sulit dimengerti karena pembahasannya tidak terlalu mendalam. Tapi, setelah saya belajar cukup lama mendalami tentang fisika nuklir, definisi sederhananya yaitu suatu energi atau tenaga yang dipancarkan oleh materi. Energi yang dipancarkannya itu dapat berupa partikel atau elektromagnetik. Nah dari sini kita tau kalau radiasi itu dibagi menjadi dua berdasarkan sifatnya yaitu radiasi partikel dan radiasi elektromagnetik. Untuk materinya itu sendiri bisa memancarkan radiasi karena terdapat unsur yang tidak stabil.

 

Sampai disini apa sudah berat memahaminya? Semoga saja dapat diikuti dengan baik ya. Sekarang kita masuk lebih dalam lagi tentang kenapa suatu materi dapat memancarkan energi radiasi

Ok next!!

 

Maksud dari materi itu gimana?

Dipelajaran kimia dasar, kita pernah belajar tentang materi. Materi merupakan suatu zat yang tersusun atas berbagai senyawa. Sedangkan senyawa sendiri tersusun atas berbagai unsur yang sejatinya unsur-unsur tersebut adalah stabil. Maksudnya stabil disini yaitu kandungan energi unsur tersebut tidak berubah.

 

Terus yang bagaimana unsur tidak stabil itu?

Layaknya Agan, unsur juga tidak semuanya sempurna. Hal itu terjadi karena inti atom yang terkandung dalam unsur tersebut tidaklah stabil. Sebutan bagi unsur yang memiliki inti atom yang tidak stabil ini disebut unsur radioaktif. Untuk membuatnya menjadi stabil, maka unsur tersebut harus melepaskan sebagian atau seluruh energi dengan cara memancarkannya. Proses pelepasan energi dengan cara memancarkan ini dikenal dengan istilah peluruhan. Proses ini membuat energi dalam unsur radioaktif mengalami perubahan.

 

Nah mungkin segini aja ya gan pembahasan tentang radiasinya. Semoga yang Saya sampaikan ini dapat menjadi pengetahuan baru atau sebagai refreshing pengetahuan bagi Agan. Oke cukup sekian dan terima kasih