What’s up guys kali ini Saya akan membahas yang menurut Saya canggih banget jika diimplementasikan di pekerjaan kita. Saat ini pekerjaan industry manufaktur, farmasi bahkan pembuatan bahan pangan sudah dipengang oleh benda yang disebut robot. Dari mulai pembuatan hingga pengemasan di industry pangan sudah di pegang oleh robot. Tapi bagaimana dengan pekerjaan yang kita pegang ini adalah pekerjaan kantoran yang lebih banyak berada di depan computer atau PC?

 

Bisakah robot yang mengatasi segala masalah perkantoran seperti input data, web scrapping, atau pekerjaan yang melibatkan copy paste diatasi dengan robotic? Emang ada robot yang bisa mengerjakan pekerjaan kantoran?

 

Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mungkin Agan perlu kenalan dengan sebuah alat yang bernama RPA. Hah RPA apaan tuh rasanya asing banget dengernya. Kalau begitu mari kita simak penjelasan berikut.

 

Robotic Process Automation (RPA) merupakan Software robot yang digunakan untuk melakukan task komputer yang terstruktur, rutin, berulang dan akan menjadi lebih optimal pemanfaatannya jika dilakukan dalam volume yang besar. RPA adalah sebuah teknologi baru yang potensinya masih belum direalisasi secara seutuhnya. Robot tersebut memungkinkan untuk mereplikasi bagaimana orang melakukan tugas yang berulang dalam suatu aplikasi seperti input data dalam pembuatan laporan.

 

Wah ternyata sudah ada robot yang seperti itu ya?

 

Yups bener banget. Sekarang dalam mempermudah pekerjaan, bukan hanya robot fisik saja yang bisa membantu pekerjaan. Tapi sekarang sudah ada robot software yang bisa menghandle pekerjaan yang terkesan sistematik, banyak, dan monoton langkahnya.

 

Dengan robot atau dikenal juga dengan istilah bot, akan meniru aktivitas manusia di dalam komputer dan mengerjakannya seperti apa yang dilakukan oleh manusia dengan waktu yang jauh lebih cepat dan akurasi 100%. Robot juga dapat bekerja 24 jam sehari dan 7 hari dalam satu minggu tanpa lelah dan berkurang kemampuannya. Robot tersebut memungkinkan Agan untuk mereplikasi bagaimana orang melakukan tugas yang berulang dalam suatu aplikasi (misalkan: memasukkan data, melakukan tugas yang berhubungan dengan transaksi). Namun RPA bukan ada untuk menggantikan peran manusia di dalam industri atau perusahaan, tetapi RPA bertujuan untuk meningkatkan outcome dari karyawan, sehingga robot akan menjadi asisten yang efektif dan powerfull.

 

Dari penjelasan diatas sudah jelaskan? Nah kalau agan masih tertarik dengan RPA silahkan lanjutkan pembacaannya ke artikel RPA berikutnya ya gan.

 

Mungkin segini aja ya gan pembahasan tentang RPA nya. Semoga yang Saya sampaikan ini dapat menjadi pengetahuan baru atau sebagai refreshing pengetahuan bagi Agan. Oke cukup sekian untuk postingan ini dan terima kasih