Pernahkah anda berpikir jika mata itu bekerja sangat kompleks? Tapi bisakah kita membuat yang hampir mendekati itu? Ya, jawabannya bisa yaitu dengan perangkat elektronika yang unik dan canggih yang dinamakan sensor Kinect.

 

Sensor Kinect merupakan sensor yang diproduksi oleh salah satu perusahaan terbesar di dunia yaitu Microsoft cabang Israel. Sensor tersebut mulai berkembang sekitar tahun 2014 sehingga dapat dikatakan teknologi yang canggih. Tapi apa yang membuat dia canggih?

 

Pada postingan ini Saya hanya akan membahas sensor kinect secara garis besar sebagai pengetahuan saja. Jika setelah membaca postingan ini dan anda masih tertarik dengan sensor Kinect, saya sarankan untuk membaca postingan lanjutan dari sensor ini lebih rinci dan tuntas. Oke kita mulai pembahasannya.




Jika anda adalah pecinta game akut, mungkin anda tahu kalau sensor Kinect ini merupakan sensor yang pernah dipake untuk bermain game seperti game virtual reality. Ya, game virtual reality merupakan game yang dapat membawa kita ke dunia virtual dan kita seolah-olah masuk dalam dunia virtual tersebut. Hal tersebut karena terdapat perangkat yang mampu melacak postur tubuh kita dan memproyeksikannya ke dalam system komputer. Perangkat inilah yang menjadi inti pada system sebagaimana sensor Kinect bekerja.

 

 

Pada game virtual reality, sensor Kinect dapat menangkap dan melacak postur tubuh manusia. Hal ini karena sensor Kinect memiliki kamera didalamnya. Namun apa bedanya dengan kamera Iphone, Android, CCTV atau Webcam? Perbedaanya yaitu terletak pada bagaimana cara perangkat ini menangkap gambar. Kamera pada umumnya hanya menangkap postur manusia kemudian menduplikasi menjadi gambar 2D (2 koordinat X,Y). Namun sensor Kinect bukan hanya menduplikasi postur manusia, tapi Kinect juga bisa mendeteksi koordinat di setiap postur manusia. Sehingga sensor ini dapat diartikan sebagai sensor yang dapat mengubah postur manusia menjadi gambar 3D (3 koordinat X,Y,Z). nah karena kecanggihan inilah yang membuat sensor Kinect menjadi game konsol yang sering diiminati pada jamannya.

 

Kecanggihan sensor Kinect tidak hanya itu saja, anda juga dapat memberikan perintah secara langsung dengan berbicara ke sensor Kinect yang telah deprogram sebelumnya. Hal tersebut karena sensor Kinect memiliki microphone sebagai fitur voice recognition. Fitur tersebut mampu megubah suara menjadi aksi computer. Sehingga pengguna menjadi lebih interaktif ketika menggunakannya.

 

 

Kelebihan-kelebihan tersebut membuat para pengembang project robotika tertarik. Sudah banyak pengembangan yang dilakukan oleh developer robotika untuk mengupgrade robotnya menjadi lebih canggih dengan menggunakan sensor Kinect. Salah satu pengembangan robot yang cukup banyak diminati adalah pada system robotika beroda. Robot tersebut dabat bergerak secara autonomous namun tidak menabrak benda lain. Bukan hanya itu, seorang developer juga bisa mengembangkan robot lebih canggih lagi dengan menambahkan robot beroda dengan fitur voice recognition, sehingga kita bisa berkomunikasi dengan robot buatan kita.

 

Bagaimana canggih bukan? Selain fitur-fitur yang sudah dibahas diatas, sebenernya masih ada fitur lain yang membuat sensor ini dapat dikatakan canggih. Namun mungkin akan saya bahas pada postingan berikunya. Semoga info ini menjadi wawasan bagi anda yang suka dengan teknologi khususnya sebagai robotic developer sehingga bisa menjadi referensi untuk project tugas akhir anda.

 

Cukup sekian pembahasannya dan jika info ini bermanfaat bagi semua orang, anda bisa share ke teman teman anda dengan menekan tombol share yang sudah di sediakan pada blog ini.

Terima Kasih